TATA LETAK KELAS SMAN 1 SATUI
A. PENDAHULUAN
1. Latar belakang
Sarana prasarana sekolah merupakan salah satu syarat penting sebuah sekolah untuk menjalankan kegiatannya dengan baik, melihat hal ini sebagai sekolah model SMAN1SATUI memiliki beberapa sarana yang kurang mendukung mulai dari segi letak, lahan yang kosong maupun dari segi keefektifan sarana tersebut.
2. Masalah
Masalah yang harus di hadapi SMAN1SATUI dengan penyusunan tata letak kelas yang memanjang salah satunya adalah jangkauan yang jauh dari siswa yang berada di kelas barat terhadap siswa yang berada di kelas timur maupun jangkauan siswa yang berada di kelas barat terhadap pintu gerbang, kantin, kantor, mushola, dan prasarana lain.
3. Tujuan
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah:
a. Melihat seberapa jauh masalah tata letak kelas di SMAN1SATUI.
b. Mencari jalan keluar dari masalah yang timbul.
c. Mengerjakan tugas Bahasa Indonesia.
B. PEMBAHASAN
Permasalahan tata letak di SMAN1SATUI memang tidak terlepas dari masalah letak geografis SMAN1SATUI yang berada di sekitar daerah lembah, hal ini menimbulkan tata letak kelas yang memanjang. Masalah lain yang timbul dari letak geografis ini adalah sempitnya lapangan upacara, mushola yang kecil, jangkauan yang jauh karena tata letak kelas yang memanjang dan pembuangan air untuk kelas yang berada di bawah. Untuk memperbaiki ini memang tidak mungkin membongkar kelas-kelas yang ada dan membangun ulang, namun dapat dilakukan dengan menambah sarana untuk kelas–kelas yang membutuhkan dengan memanfaatkan ketersediaan lahan yang ada.
C. PENUTUP
1. Kesimpulan
Tata letak kelas yang memanjang memang menimbulkan beberapa masalah seperti lapangan upacara yang sempit, jangkauan yang jauh antar kelas, bel, dan speaker. Masalah tata letak tidak terlepas dari masalah letak geografis sekolah yang berada di dekat dataran tinggi dan lembah.
2. Saran
Jadi, tata letak SMAN1SATUI yang memanjang perlu diperbaiki dengan membangun beberapa sarana prasarana pada lahan-lahan yang kosong. Misalnya mendirikan kantin yang mudah di jangkau dari siswa yang berada di kelas barat yaitu kelas fisika dan seni, memperluas mushola dengan cara menimbun pada dataran rendah, dan perbaikan lahan kosong di depan ruang seni maupun ruang fisika sehingga dapat di gunakan sebagai lapangan futsal maupun lapangan upacara.
K |
ata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, karena berkat limpahan rahmat dan karuniaNya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
Kami ucapkan terimakasih kepada Ibu Noor Syaridawati,S.Pd yang telah berkenan memberikan kesempatan dan bimbingannya kepada kami untuk mengadakan penelitian terhadap lingkungan Sman 1 Satui dan terimakasih pula kepada teman-teman yang telah membantu menyusun makalah ini dan bersedia memberikan waktu dan pikirannya agar makalah dapat terwujud.
Penelitian ini kami lakukan sebagai wujud kepedulian kami terhadap Sman 1 Satui, sekolah model kebanggaan kami. Selain itu tidak dapat dipungkiri, banyak sekali siswa maupun siswi yang mengeluh terhadap tata letak kelas yang memanjang maupun lapangan yang sempit. Kami mencoba mencari permasalahan apa yang sedang terjadi dan berusaha memecahkannya.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, kami akan terus belajar dan terus berusaha menjadi lebih baik. Tiada gading yang tak retak, demikian pula dengan makalah ini. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan. Kritik dan saran sekecil apapun akan kami perhatikan dan pertimbangkan, karena kami masih belajar dan masih membutuhkan bimbingan.
Harapan kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat di kemudian hari dan dapat menjadikan sman 1 satui menjadi lebih baik lagi yang terus melahirkan siswa siswi berprestsi.
Tanah bumbu, 17 Januari 2012,
Tim
D |
aftar Isi
Kata pengantar……………………………………………………… i
Daftar isi……………………………………………………………... ii
PENDAHULUAN…………………………………………………… 1
Latar belakang …………………………………………………......... 1
Masalah……………………………………………………………. … 1
Tujuan……………………………………………………………. ….. 1
PEMBAHASAN……………………………………………………… 2
PENUTUP…………………………………………………………….. 2
Kesimpulan…...………………………………………………………. 2
saran……………..……………………………………………………. 2
LAPORAN PENELITIAN
TATA LETAK KELAS SMAN 1 SATUI
· TIM PENELITI :
Fikri Aoladana
M. Khoirul Zed
Neng Ami Diansih
Sihah Rianie Said
Syntia Wulan P.
Tri Wardani
Tri Wardani
· WAKTU PENELITIAN :
Sabtu, 14 Januari 2012
Minggu, 15 Januari 2012
Senin, 16 Januari 2012
· TEMPAT PENELITIAN :
Lingkungan Sman1satui
SMANSA MODEL SATUI
Agen Slot Terbaru
BalasHapusAgen Situs Terbaik
Agen Situs Terbaik
Situs Agen Judi Online
88CSN game online yang lagi hitz dan banyak dimainin anak-anak muda sekarang lho,
Kamu Jangan takut, game Online yang satu ini Aman dan Mudah dimainin Kok.
Contact Kami:
WA : 081358840484
BBM : 88CSNMANTAP
Facebook : 88CSN
www.jeruk88.com
www.ratu88.co
https://bit.ly/2ZoLZDAAyo Cobain, selain Seru , juga menguntungkan lho
Game mana lagi yang bisa ngehasilin Uang Asli
Let's Play togethe